05 Mei 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Ujian Nasional di SMPN 7 Tarakan Diawasi Melalui Ponsel Pintar

Suasana Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Ada yang berbeda pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Tarakan. Pasalnya, pihak sekolah memanfaatkan teknologi untuk mengawasi proses siswa mengerjakan soal-soal ujian.

Anggota Tim Teknologi Informasi (TI) SMPN 7 Tarakan, Muhammad Tahir menjelaskan, mereka mengawasi siswa saat ujian dengan menggunakan kamera pengawas atau CCTV yang bisa dipantau secara real-time melalui smartphone. Dia pun mengklaim inovasi ini baru dan hanya SMPN & Tarakan saja yang menerapkannya.

“Idenya saja dari kami, tapi kalau aplikasinya memang sudah tersedia. Aplikasinya sudah ada, kenapa tidak dimanfaatkan saja. Sehingga lebih mudah untuk mengawasi siswa. Dimanapun posisi kita, tetap bisa mengawasi siswa yang ujian di sekolah,” ujarnya.

Lebih jauh dia menambahkan, pihak sekolah juga telah menyampaikan kabar tersebut kepada orang tua siswa, sehingga bagi siapa saja yang ingin mendapatkan akses ke CCTV online tersebut untuk mengawasi anaknya ujian. “Jadi mereka bisa langsung menghubungi kami di sekolah.”

Tahir mengungkapkan, bahwa jika ada sekolah lainnya yang ingin menggunakan sistem CCTV online, mereka dapat membantu pembuatannya. Mengenai biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan CCTV Online tersebut, Tahir mengatakan, biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau bagi sekolah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar