17 Mei 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

DPRD Karimun Minta Sudut-sudut Pasar Diawasi CCTV

Saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Bukit Tembak, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani menerima aduan yang tidak menyenangkan dari para pedagang. Dalam aduan dikatakan, lingkungan Pasar Bukit Tembak sudah tidak aman dan rawan aksi pencurian. Pedagang sering kehilangan barang dagangan akibat kurangnya pengamanan dari pengelola pasar.

Menanggapi itu, dia mengatakan seharusnya peristiwa seperti tak perlu terjadi apa bila sudut-sudut pasar terpasangkan kamera pengawas atau CCTV. Karenan menurutnya, keberadaan kamera CCTV dapat dijadikan barang bukti agar segera ditindak-lanjuti pihak kepolisian.

Dia pun meminta pengelola pasar untuk segera merealisasikan pemasangan CCTV, pasalnya pengamanan yang mengandalkan petugas keamanan dinilai tidak maksimal hasilnya. “Kami tidak mau itu terjadi di pasar ini (Bukit Tembak) maka segera diantisipasi penanggungjawab atau pengelola pasar,” tegas Novi.

Jumirah, salah seorang pedagang sayuran mengaku barang jualannya yang disimpan di bawah lapak hilang beberapa hari lalu. Padahal, selama ini lingkungan pasar aman dan hampir tidak ada pedagang kemalingan Akibat kejadian itu, dirinya mengalami kerugian ratusan ribu rupiah.

“Memang tidak banyak kalau dihitung, tapi itu modal kami untuk menyambung hidup. Kawan-kawan pedagang juga mengeluh karena kerap kehilangan barang-barang dan kondisi ini makin berlarut-larut,” keluh Jumirah kepada Novi.

Sementara itu, Koordinator Pasar Bukit Tembak, Azwir membenarkan jika dalam sebulan terakhir kerap terjadi kemalingan barang-barang dagangan. Namun, kata dia, jumlahnya terkadang tidak begitu besar.

Pihaknya pun mencoba menyiasati agar dapat dilakukan pemasangan CCTV di segala penjuru pasar. Sementara sambil menunggu usulan itu dipenuhi oleh Perusda Karimun selaku penanggungjwab pasar, Azwir akan mengoptimalkan pengawasan dari para sekuriti yang berjaga secara bergantian pada siang dan malam hari.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar