07 Juni 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Warga Usulkan Pantau Aktivitas Gepeng dan Anjal Dari Sistem ATCS

ATCS Balikpapan

Sistem Area Traffic Control System (ATCS) yang dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan di sejumlah persimpangan, diharapkan oleh warga untuk memantau dan menertibkan aktivitas anak jalanan (anjal) beserta gelandangan dan pengemis (gepeng).

Pasalnya, beberapa warga berpendapat apabila kamera CCTV ATCS tak hanya dapat dipakai untuk melihat arus lalu lintas, namun juga digunakan untuk ketertiban kota dan kenyamanan masyarakat. Jadi apabila terlihat banyak gepeng dan anjal di lampu merah, pihak Dishub dan Satpol PP harus bekerjasama untuk menertibkannya.

Saat ini,  sebanyak 15 kamera CCTV telah dipasang oleh Dishub Kota Balikpapan. Kamera ini terkoneksi ke ruang Area Traffic Control System (ATCS) di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) melalui kabel fiber optic selama 24 jam.

“ATCS ini cukup mahal, karena kami memakai fiber optic. Hasilnya jernih dan real time. Apa yang terjadi di lokasi langsung terpampang di layar tanpa waktu jeda,” kata Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana beberapa waktu lalu.

Di ruangan ATCS sebesar 6×6 meter itu ada dua komputer dengan dua mikrofon, kemudian ada dua monitor besar untuk memantau kondisi lalu lintas yang terekam CCTV. Selain itu terdapat juga ruangan data base untuk melihat rekaman CCTV.

Sudirman sempat menunjukkan ketajaman kualitas gambar dari kamera. Bahkan dengan jarak 50 meter, kamera masih mampu menangkap pelat kendaraan dengan jelas. Dengan demikian, pengendara yang tetap menerobos traffic light akan dapat terekam kamera dan akan dicatat nopolnya untuk dikenai tilang.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar