14 Juni 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Arus Mudik di Semarang Dipantau Dari 17 Unit CCTV

Ilustrasi

Sejumlah 17 unit kamera CCTV telah dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang di beberapa lokasi jalan raya Semarang-Solo. Hal ini dimaksudkan untuk memantau arus mudik dan balik Idul Fitri 1438H.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kabupaten Semarang, Djoko Noerjanto mengatakan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Semarang saat mudik lebaran bakal mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Adanya CCTV tersebut setidaknya mempermudah Dishub Kabupaten Semarang untuk mengetahui titik kemacetan lalu lintas termasuk terjadinya kecelakaan," ujar Djoko, saat dimintai keterangan beberapa hari lalu.

Menurutnya, Hasil pantauan CCTV tersebut bisa menjadi patokan para petugas Dishub dan kepolisian untuk mengambil tindakan mengurai kepadatan arus. "CCTV kami pasang di persimpangan jalan yang rawan kemacetan sehingga hasil pantauan CCTV dapat digunakan untuk mengambil langkah seperti rekayasa lalu lintas guna memperlancar arus lalu lintas ketika mengetahui ada kemacetan," jelasnya.

Djoko juga menuturkan kamera CCTV yang dipasang oleh timnya ini terhubung ke Satlantas Polres Semarang. "Rencananya juga akan diteruskan ke pos pantau utama di exit tol Bawen sebagai panduan petugas gabungan dalam menerapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan," paparnya.

Djoko juga menambahkan, ketika hasil pantauan kamera CCTV terjadi kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas maka petugas pemantau akan menghubungi petugas berwenang di sekitar lokasi kemacetan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar