14 Juni 2017 | Sawitri Kusuma - Markom Bosch | CCTV

Situs UNESCO Taman Nasional Mulu di Borneo pakai Bosch MIC kamera untuk amati kehidupan kelelawar

Kamera MIC IP 7000 HD yang diapsang di situs goa Taman Nasional Mulu untuk pantau kegiatan keleawar

Hutan hujan tropis di dataran Borneo memiliki area yang mencakup 544 mil persegi, hampir setara dengan ukuran Singapura. Disinilah Taman Nasional Mulu bertempat, yang merupakan salah satu situs yang dilindungi UNESCO sejak tahun 2000. Karena terpencil, taman ini hanya dapat diakses via perahu atau pesawat terbang, suhu lingkungannya bisa merayap hingga 30 derajat celcius, dan derajat kelembaban bisa sampai 100 persen. Namun begitu, taman inilah rumah bagi ekosistem goa dan satwa langka lainnya. Salah satu jenis yang dilindungi dari Taman Nasional ini adalah populasi kelelawarnya.

Badan pengelola Taman Nasional Mulu berniat untuk meningkatkan pengawasan di lokasi tersebut, sekaligus memantau aktivitas real-time satwa yang hidup di goa tanpa mengganggu habitat mereka. Pengelola menyadari bahwa medan ini bisa dikategorikan sulit dengan intensitas kelembaban, suhu, dan cahaya yang mendekati ekstrem, belum lagi ukuran goa sangat besar dengan lebar 175 meter dan tinggi langit-langit mencapai 120 meter. Hampir tak mungkin bagi kamera pengawasan biasa untuk bisa survive di lingkungan ini.

Oleh sebab itu, pengelola mencari saran dari CTG Security Matrix, system integrator Bosch asal Malaysia, tentang bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. Misi yang dicanangkan adalah untuk mengaktifkan pengambilan gambar video yang jelas dari dalam kawasan goa Taman Nasional, mengamati dan memantau aktivitas kelelawar serta satwa liar lainnya di goa, juga menampilkan pengawasan real-time 24 jam yang bisa diakses dari Observatorium Kelelawar yang jaraknya cukup jauh dari goa.

Dengan mempertimbangkan semua persyaratan dan faktor lingkungan, tiga kamera Bosch MIC IP 7000 HD PTZ adalah pilihan tepat untuk lingkungan istimewa ini. Kamera ini dilengkapi teknologi starlight built-in dari Bosch, yang menjamin gambar warna mendetil bahkan dalam kondisi cahaya rendah sekalipun. Saat tingkat cahaya turun menjadi nol, iluminator opsional MIC IP starlight 7000i memungkinkan kamera menangkap gambar berkualitas tinggi dalam kegelapan total dengan jarak hingga 175 meter. Bodi kamera terbuat dari logam padat yang tetap tangguh dalam kondisi cuaca buruk seperti angin kencang, hujan, kabut, debu, kelembaban 100 persen (NEMA 6P dan IP68), dan suhu berkisar antara -40 derajat Celcius sampai +60 derajat Celsius. Lensa zoom optik 30x kamera memastikan bahwa objek bisa terdeteksi dari jarak yang jauh sekalipun.

 

Semua alat kemudian harus diangkut dan diterbangkan untuk bisa mencapai goa. Instalasinya pun berarti harus memasang berpuluh kilometer kabel di tengah hutan belantara. Tetapi berkat Bosch MIC IP 7000, kini pengelola dan pengunjung Observatorium di Taman Nasional Mulu bisa mengamati kelelawar dan satwa lainnya dari hamparan goa yang paling gelap dengan jelas tanpa mengganggu habitat alami satwa liar.

www.boschsecurity.com

Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar