24 Juni 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Sambut Olimpiade, Seluruh Gerbong Kereta di Jepang Akan Diawasi CCTV

Jepang telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Olimpiade dan Paralympic pada tahun 2020 mendatang. Untuk itu, pemerintah negeri sakura tersebut akan terus meningkatkan sistem keamanan di tempat-tempat umum.
 
Salah satu upaya yang dilakukan adalah memasangkan sejumlah kamera pengawas (CCTV) di sejumlah tempat dan kendaraan pelayanan transportasi umum. Terkait itu, mulai tahun 2018, akan segera dilakukan pemasangan CCTV di berbagai kereta api di Jepang, khususnya Japan Railways (JP) Yamanote, yang mengelilingi kota Tokyo.
 
Ditargetkan pemasangan CCTV di seluruh gerbong kereta Yamanote Line tersebut akan rampung sebelum dua pagelaran pesta olahraga akbar tersebut. Diharapkan pemasangan ini akan bisa mengantisipasi jumlah aksi Chikan (perabaan seksual daerah sensitif wanita) yang kerap terjadi di dalam kereta api terutama di saat kereta api penuh sekali di pagi dan malam hari. 
 
Meskipun dilakukan pemasangan CCTV, namun pihak JR menjamin akan menjaga sepenuhnya privasi semua individu yang menggunakan kereta tersebut."Mulai tahun depan JR Jepang Timur sudah mulai memasangkan CCTV pada 550 gerbong kereta Yamanote Line," papar Tetsuro Tomita Presiden CEO JR Jepang Timur.
 
Selain JR Yamanote, CCTV juga akan dipasang di kereta api bawah tanah Hibiya Line, Marunouchi Line, keduanya mulai tahun depan pula. Sedangkan Ginza Line mulai tahun 2019. Lalu, kereta api bawah tanah Toei khususnya Asakusa Line (mulai tahun 2018) dan Shinjuku Line (mulai Agustus 2017).
 
Meski terbilang sedikit terlambat, namun rencana pemasangan CCTV ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Salah satunya dari Kanno, profesor Universitas Tsuda. “Seharusnya dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun pemerintah juga bisa dibilang cepat merespon kasus Chikan yang semakin menjadi belakangan ini.”


Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar