25 Juni 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pantau Ibadah Umrah, Masjidil Haram Diawasi 2.200 CCTV

Ruang Pusat Komando dan Kontrol aktivitas jemaah di Masjidil Haram

Untuk memantau aktivitas jemaah umat Muslim yang sedang beribadah, pihak Pusat Komando dan Kontrol Keamanan Umum Pemerintah Arab Saudi telah memasang 2.200 kamera CCTV di sekitar Masjidil Haram. Selain itu, kamera juga dipasang di Haram Central Area untuk mengawasi kegiatan lainnya

Komandan Pusat Komando dan Kontrol, Kolonel Tareq bin Ahmad Al Ghoban mengatakan, CCTV tersebut akan beroperasi sepanjang waktu. Pemantauan ini dilakukan dari Markas Keamanan Publik Makkah di Mina.

Pemantauan dilakukan ke setiap gerakan jamaah dan memberikan instruksi yang dibutuhkan petugas keamanan. Al Ghoban menuturkan, Gubernur Makkah Pengeran Khaled Al Faisal, telah mengeluarkan larangan shalat tidak wajib (sunnah) di mataf.

“Pasukan Khusus Keamanan Haram mengerahkan upayanya untuk menerapkan peraturan ini secara ketat, sehingga menjamin kelancaran arus jamaah umrah selama ramadan,” jelas Al Ghoban.

Langkah itu dirasa memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi kepadatan. Al Ghoban mengakui, Pusat Komando dan Kontrol memikul tugas berat untuk memperlambat aliran jamaah dan kendaraan di Haram Central Area.

Pusat ini dilengkapi peralatan berteknologi tinggi dan sumber daya manusia yang terlatih. Menurut Al Ghoban, nomor kontak 911 telah berlaku untuk operasi pusat, untuk mengkoordinasi semua manajemen kepadatan, dan bukan di nomor 987.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar