01 Juli 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

LPR, Pilar Penting Bagi Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi yang terus berkembang telah banyak membantu segala aktivitas kehidupan manusia, untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik. License Plate Recognition/LPR (pengenalan plat nomor kendaraan) adalah salah satu teknologi yang bisa dijadikan contohnya.

LPR merupakan teknologi yang mampu memroses beberapa gambar untuk menidentifikasi kendaraan melalui plat nomor kendaraan. Seiring dengan berkembangnya industri sistem keamanan, LPR menjadi salah astu fitur penting yang biasanya digunakan dalam aplikasi lalu lintas untuk keamanan dan ketertiban.

Cara kerja LPR, dengan menggabungkan penangkapan gambar atau video dari plat nomor. Urutan algoritma akan memproses gambar-gambar tersebut untuk diubah menjadi teks alpha numeric pada setiap frame ketika ada kendaraan yang muncul. Perlu diketahui, algoritma adalah inti dari teknologi LPR yang bekerja untuk memberikan pembacaan.

Keberhasilan LPR bergantung pada tingkat efisensi algoritma yang digunakan pada sistem tersebut. Algoritma yang digunakan cukup rumit dan memerlukan detail serta ketepatan yang presisi, yang pada umumnya berisi ratusab ribu baris kode pemprograman untuk bisa memenuhi tugasnya yang sangat kompleks. Secara utuh, ada enam algoritma dasar yang diperlukan agar sebuah sistem LPR dapat berjalan dengan baik.

Ikuti berita selengkapnya di Majalah Indo Security Sytem Vol 6. Edisi Juni-Juli 2017



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar