10 Juli 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Jepang Kembangkan CCTV Berkemampuan Memprediksi Situasi

Kemampuan kamera pengawas atau CCTV untuk menggantikan tugas manusia dalam pengawasan memang sudah terbukti mumpuni. Kendati begitu, pantauan CCTV tetap memiliki keterbatasan dan juga membutuhkan dukungan sumber daya manusia untuk memantau setiap kejadian yang ditangkap kamera.

Kondisi ini yang menginspirasi salah seorang peneliti asal Jepang untuk menemukan teknologi yang bisa memantau keamanan dengan sistem pengembangan kecerdasan buatan. Sistem yang dikembangkan oleh Hitachi ini bukan hanya bisa mengikuti pergerakan mencurigakan seseorang, tapi juga mampu memprediksi kemacetan, menghitung jumlah orang dan memindai gerakan seperti apabila seseorang duduk, berlari dan berbicara di ponsel.

Dengan teknologi ini petugas keamanan tidak perlu lagi memantau layar karena sistem ini bisa mencari 36 juta gambar setiap detik dan mengingatkan apabila menemukan perilaku mencurigakan. "Hingga kini kita perlu banyak petugas keamanan yang meneliti rekaman kamera keamanan. Kami mengembangkan piranti lunak dengan pengembangan kecerdasan buatan atau AI dengan harapan bisa membantu melakukan itu," ucap peneliti asal Jepang.

Di Jepang, permintaan teknologi ini meningkat lantaran akan diadakannya Olimpiade Tokyo 2020. Sejumlah fasilitas umum seperti stasiun kereta, stadion dan bahkan mal perbelanjaan rencananya juga akan dipasang CCTV canggih tersebut.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar