17 Juli 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Napi Sering Kabur, CCTV Lapas Nusakambangan Akan Ditambah

Ilustrasi

Peristiwa kaburnya para narapidana dari Lapas-lapas di Pulau Nusakambangan membuat Kementerian Hukum dan HAM gerah. Agar tak terulang, Kemenkumham segera menggunakan kecanggihan teknologi untuk pengawasan, antara lain memasang lebih banyak CCTV.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono mengatakan, CCTV tersebut akan dipasang di beberapa titik rawan. "Kami mencoba untuk mengoptimalkan teknologi. Untuk bagaimana nanti ke depan, kami masih dalam proses," paparnya, Sabtu (16/7/2017) lalu.

Dia juga menambahkan, Kemenkumham berencana menerapkan sistem sidik jari (finger print) dan kartu akses khusus setiap memasuki beberapa pintu utama Nusakambangan. "Jadi nanti orang yang tidak punya kartu akses tidak bisa membuka akses-akses khusus di lapas. Teknologi finger print juga kita optimalkan juga untuk pengunjung.

Dengan luas Pulau Nusakambangan yang cukup lumayan, Bambang mengakui banyak sekali pintu-pintu yang ilegal. Nantinya dengan penerapan kartu khusus tersebut, akan berguna untuk mengantisipasi penyelundup yang menyamar sebagai petugas lapas atau keluarga petugas.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar