18 Juli 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Lebih Aman di Jalan dengan Memasang Dash Cam

dash cam

Akhir-akhir ini, tindak kriminalitas atau kecelakaan di jalan terus meningkat. Kalangan komuter perkotaan, terutama yang menggunakan mobil pribadi pun menjadi was-was aksi kriminal suatu waktu mengincar mereka.

Untuk menjaga diri dari hal-hal negatif seperti kriminal dan kecelakaan, pengendara bisa memasang dash cam di mobilnya. Setidaknya, pengendara bisa sedikit lega.  Pasalnya dash cam berfungsi untuk merekam segala kejadian di jalan. Penggunanya pun memiliki data rekaman dari kecelakaan atau kejadian lain, untuk dijadikan bukti saat dibutuhkan, seperti CCTV.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali perangkat dash cam yang bisa ditemukan di pasaran atau di situs jual beli daring. Berbagai tipe dash cam dapat dipilih berdasarkan harga atau sesuai kebutuhan. Banderolnya dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun yang harus dicermati adalah meneliti spesifikasi dan fitur dari dash cam tersebut. Pertama kali, pengguna tak ada salahnya melakukan perbandingan antar merek. Umumnya paket kelengkapan standar produk dash cam sudah termasuk bracket untuk dipasang di kaca mobil, baterai rechargeable, kabel pengisian ulang baterai dan tidak jarang memory card. Seperti pada Tech Care DVR TC-207, dengan harga termurah dash cam satu ini sudah memiliki resulosi video hingga 1080 pixel.

Salah satu fitur paling penting yang perlu dimiliki oleh dash cam adalah emergency recording, yang secara otomatis akan melakukan perekaman dan penyimpanan data terpisah saat kendaraan terdeteksi kemungkinan kecelakaan. Fitur ini mengandalkan G-sensor untuk mengukur guncangan yang dialami mobil.

Memilih dash cam akan lebih baik bila dalam paketnya sudah termasuk dua kamera untuk merekam bagian depan dan belakang kendaraan. Akan lebih baik juga kalau dash cam memiliki lensa lebar dan fitur night vision yang meningkatkan visibilitas saat malam atau kondisi gelap.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar