20 Juli 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kerap Macet, Jalur Singosari-Lawang Segera Dipantau CCTV

Ilustrasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana memasang CCTV untuk memantau kemacetan lalu lintas di jalur Karangploso-Singosari-Lawang. Jalur tersebut dinilai makin tak terkendali macetnya, padahal jalur ini adalah jalur utama menuju Surabaya dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Malang, Hafi Lutfi mengatakan pemasangan CCTV diharapkan selesai tahun ini. Untuk tahap awal pihaknya butuh empat unit CCTV lengkap dengan Area Traffic Control System (ATCS). Meliputi pertigaan Karanglo, Lawang, Karangploso. Sedangkan satu CCTV dipasang di Jalibar.

Dia mengakui, Kabupaten Malang memang tertinggal dibanding Kota Malang dan Batu yang lebih dulu memasang CCTV untuk memantau lalu lintas. "Makanya kami perlu CCTV guna memudahkan petugas memantau titik kemacetan,” ucapnya, baru-baru ini.

Hafi juga menjelaskan, anggaran yang dibutuhkan untuk penyediaan CCTV sebesar Rp 3 miliar. Nantinya, keempat CCTV dioperasikan melalui ruang kontrol di Dinas Perhubungan. “Kami usahakan masuk di PAK. Sehingga di tahun depan kami bisa ancang-ancang penambahan CCTV di tempat lain,” ucapnya.

Ke depan, lanjut dia, CCTV akan diprioritaskan di pintu ke luar Bandara Abd Saleh, sekitar Pabrik Gula Kebon Agung dan perempatan Kepanjen. Namun, pemasangan CCTV di tiga tempat ini tidak terlalu mendesak.

“Yang mendesak di wilayah utara. Bagaimanapun kemacetan di sana harus teratasi. Kami harapkan jalan tol segera selesai, supaya kendaraan tidak semuanya menggunakan jalan Singosari-Lawang,” tutupnya.





Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar