02 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kurang 47 CCTV, Peluncuran Ngalam Command Center Ditunda

Suasana Kota Malang, Jawa Timur

Peluncuran fasilitas Ngalam Command Center oleh Pemerintah Kota Malang nampaknya harus tertunda. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengadaan CCTV yang anggarannya masih menunggu di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2017 nanti.

Wali Kota Malang H. M. Anton mengatakan, Ngalam Command Center masih kurang 47 CCTV lagi. Nantinya, ke 47 CCTV tersebut akan dipasang di titik-titik strategis seperti pusat keramaian traffic light, kampung tematik, taman, kantor dinas hingga kelurahan sudah menjadi permintaan dari pihak Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).

"Kita sebar ratusan CCTV yang bergerak memberikan informasi data pemerintahan hingga kelurahan dan kepolisian yang terkoneksi di pusat Ngalam Command Center. Nah kita tambah 47 CCTV menunggu PAK 2017, kalau sudah dipasang langsung kita launching," ujar pria yang akrab disapa Abah Anton.

Dia juga menjelaskan bahwa anggaran pengadaan CCTV di PAK 2017 sekitar Rp 5 miliar dan perlengakapan lainnya seperti infrastruktur dan melengkapi peralatan ruang pusat kendali.

"Penambahan CCTV ini fungsinya bisa memantau titik lokasi yang rawan macet. Serapan anggaran, kinerja OPD seperti apa, nanti semua data informasinya lengkap dan update. Masyarakat juga bisa mengetahui data secara langsung melalui sistem online seperti jumlah penduduk, anggaran, program dinas, angka kemiskinan. Program ini dalam rangka menuju Kota Malang yang cerdas/smart city," paparnya.

"Jadi saya tinggal memantau kinerja dinas di monitor ruangan saja. Nanti ada skor tersendiri bagi PNS yang terlihat benar-benar kerja. Saya menginginkan semua data di pemerintahan harus transparansi sesuai yang diharapkan masyarakat Kota Malang," tambahnya.

Abah Anton mencontohkan Comand Center yang ada di Makassar yang terbilang cukup modern. Di sana sekitar ada 200 CCTV yang mampu memantau semua aktivitas pegawai pemerintahan dan aktivitas masyarakat.

"Makanya saya sekarang berkonsentrasi Ngalam Comand Center segera terealisasi untuk memberikan keamanan, kenyamanan masyarakat di Kota Malang. Karena saya melihat jumlah penduduknya semakin meningkat," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar