03 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Makin Canggih, Parkir Pesawat di Bandara Soetta Akan Dipandu Video

Parkir pesawat

Infrastruktur Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) akan bertambah pintar. Salah satunya adalah akan dipasangnya teknologi video docking guidance system (VDGS) di Terminal 3 oleh PT Angkasa Pura II (AP II) selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, VDGS akan memandu pilot untuk memarkir pesawatnya ke tempat parkir yang sudah disediakan. Caranya itu dengan menghidupkan instrumen di dalam pesawat untuk tersambung dengan VDGS.

Selama ini, pilot masih mengandalkan petugas pemandu parkir atau yang disebut marshaller. Namun dengan kehadiran VDGS nantinya, pilot bisa melihat panduan parkir melalui video. Meski begitu, bukan berarti AP II akan menghilangkan marshaller. Keberadaannya masih dianggap penting bila pesawat akan parkir saat kondisi cuaca buruk.

Selain VDGS, AP II juga menyoroti sistem bagasi dengan memasang kamera pengawas dari area pemindahan barang. Hal ini sebagai respons dari banyaknya keluhan masyarakat terkait proses bagasi di bandara. "Jadi selama ini keluhan bagasi yang dilempar-lempar, dicuri, segala macam, sekarang bisa dilihat penumpang langsung di layar tempat pengambilan bagasi," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar