14 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pamer Koleksi Keris Mahal, Museum Keris Diawasi 36 CCTV

Museum Keris Nusantara.


Langkah pengamanan ekstra ketat dilakukan oleh UPT Museum Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo terhadap Museum Keris Nusantara yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Kepala UPT Museum, Bambang M.B.S, menjelaskan, salah satu langkah pengamanan tersebut adalah dengan memasang 32 unit CCTV. Saat ini, pihaknya sudah memasang 18 CCTV dan selanjutnya akan memasang sisanya dalam waktu dekat.

Hal ini dilakukan demi menjaga koleksi museum berupa keris yang rata-rata bernilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. “ada satu keris yang kalau dinilai bisa mencapai Rp 1 miliar. Jadi di sini pengamanan kami begitu ekstra,” ujar Bambang.

Dia menambahkan, Museum Keris Nusantara terdiri atas lima lantai yang meliputi lantai basement untuk area parkir kendaraan, lantai satu untuk lobi, kantor administrasi dan resepsionis, lantai II untuk perpustakaan, lantai III untuk memajang koleksi keris yang tergolong baru, sedangkan lantai empat paling atas untuk memajang koleksi keris yang sudah tua dan berusia lebih dari 100 tahun.

Dengan pengamanan ini, Bambang berharap agar koleksi keris Musem Keris Nusantara tetap lestari. Para pengunjung nantinya juga diharapkan bisa saling menjaga diri untuk tidak merusak keris koleksi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar