18 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

DPRD Kudus: CCTV Harus Bisa Membaca Pelat Nomor Kendaraan

Ilustrasi

Sekretaris Komisi C DPRD Kudus, Ahmad Fatkhul Azis, meminta kepada Pemkab Kudus untuk memasang CCTV yang bisa membaca pelat nomor kendaraan. Dengan begitu, perangkat ini haruslah memiliki kualitas gambar yang bagus dan jelas, baik pada siang maupun malam hari.

"Jadi ketika ada terjadi tabrak lari ataupun tindak kriminal, nomor polisi (nopol) atau nomor pelat kendaraan bisa jelas terbaca. Andai terjadi penodongan pun, wajah pelaku terekam jelas. Kamera CCTV ini kan bukan hanya pajangan tapi fungsinya harus optimal," paparnya, Kamis (17/8/2017).

Ahmad melanjutkan, pihak Komisi C DPRD Kudus telah meninjau langsung ruangan pemantau (command center) milik Dinah Perhubungan Pemkab Kudus, Selasa lalu. Di ruangan ini, pergerakan kendaraan di titik yang telah dipasangi CCTV dapat dipantau. Namun kamera pada CCTVbelum bisa membaca atau mengidentifikasi pelat nomor kendaraan yang melintas. "Pemasangannya perlu diperbanyak di sejumlah titik karena ke depan manfaatnya akan lebih besar," saran Ahmad.

Usulan tersebut ditanggapi oleh Kepala Bidang Keselamatan dan Sarana Prasana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Sunyoto. Menurutnya, Dishub akan memasang 20 kamera CCTV lagi di 18 titik. Sementara yang terpasang saat ini baru di tujuh titik. Pihaknya masih menunggu datangnya CCTV impor yang kualitasnya lebih bagus.

Nantinya, CCTV tersebut bisa membaca plat nomor kendaraan dengan jelas. "Sejumlah titik yang sudah dipasangi CCTV, yaitu perempatan Menara Kudus, perempatan timur Polres Kudus, perempatan Kerawang Jekulo, Simpang Lima Tanjung, perempatan Kencing, perempatan Jepang, dan perempatan Sempalan," jelasnya.

Sedangkan, lokasi-lokasi yang akan dipasangi CCTV antara lain  Jalan Soedirman di depan Pasar Kliwon, Taman Penthol, pertigaan Prima, GOR, Pasar Bitingan, Proliman Barongan, Colo, dan terminal wisata Bakalan Krapyak. Di Terminal wisata Bakalan Krapyak dan GOR rencananya masing-masing dipasang dua CCTV.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar