Share

Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjaga keamanan. Bukan hanya membangun pos kamling di tempat-tempat strategis, Pemdes (Pemerintah Desa) Majasari juga memasang CCTV. Tujuannya agar aktivitas warga di desa bisa terpantau.

Sekdes Majasari, Raskam, mengatakan bahwa pemasangan CCTV bukan hanya di kantor desa saja, namun di tempat-tempat strategis yang menjadi pusat Keramaian. Seperti di jalan-jalan perbatasan desa atau persimpangan.

Tak hanya itu, CCTV tersebut langsung tersambung dan dapat dilihat melalui layar handphone. Bisa dipantau secara langsung lewat monitor keamanan yang selalu di pantau bagian keamanan desa.

“Sehingga, jika terjadi tindakan kejahatan atau gangguan kamtibmas lainnya, bisa langsung ditangani. Termasuk ketika ada sekumpulan remaja yang tengah nongkrong berkumpul di wilayah desa yang kiranya mengganggu kenyamanan warga, bisa langsung ditindak,” ucap Raskam.

Sementara menurut Wiguna, salah satu tokoh pemuda Majasari, dirinya sangat mendukung pemasangan CCTV di tempat-tempat strategis atau tempat-tempat yang menjadi pusat memantau kondisi desa dari gangguan kamtibmas. Sebab, jika ada beberapa gangguan bisa cepat ditangani.

“Kehadiran CCTV ini bisa mengantisipasi terhadap gangguan kemanan dan ketertiban di masyarakat. CCTV juga bisa membantu kepoliasin ketika ada tindak kejahatan yang lari ke daerah Sliyeg dan masuk ke jalan desa,” ujarnya.

Related Articles

News Card image cap
  desy  16 May 2017
 16 May 2017
CCTV Card image cap
  sukron  21 July 2016
 21 July 2016
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.