31 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Keamanan Sel Diperketat, Polresta Samarinda Pasang CCTV

Ilustrasi

Polresta Samarinda berencana memperketat keamanan di setiap sel tahanan agar tidak kecolongan. Selain memeriksa dan menggeledah barang bawaan para pembesuk, nantinya di dekat petugas juga sudah dilengkapi kamera CCTV yang diawasi langsung.

Kanit Tahanan Barang Bukti (Tahti) Polres Samarinda, Iptu Sungkono mengatakan, pihaknya khawatir ada benda berbahaya diselundupkan ke dalam sel, seperti narkoba, gergaji besi, ponsel atau bahkan senjata tajam.

Diterangkan olehnya, untuk CCTV dipasang di bagian ruangan dan depan pintu masuk sel. CCTV tersebut bahkan terkoneksi dengan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Kaltim. Sistem yang terhubung dengan CCTV tersebut dapat memantau seputar keadaan sel, pembesuk, keamanan, kebersihan, dan lainnya.

“Selain petugas penjagaan di polres yang berjaga dan mengawasi, ada pengecekan berkala dari Tahti Polda dan laporan tertulis setiap sepekan,” ucapnya. Dia melanjutkan, dari sistem pemantauan ini, pihaknya bisa memantau perlakukan petugas kepolisian terhadap tahanan, apakah sudah sesuai HAM atau tidak.

Sementara itu, baru Polresta Samarinda dan Polres Balikpapan yang melakukan pengawasan melalui CCTV yang terintegrasi ke Polda Kaltim. Diharapkan kedepannya polres lain dapat bertindak hal serupa agar tercipta keamanan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar