31 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Mulai 1 September, Tilang Dari CCTV Mulai Diterapkan di Surabaya

Kapolrestabes Surabaya

Forum Pimpinan Daerah Kota Surabaya melalui "Focus Discussion Group" di Kantor Polrestabes Surabaya sepakat soal penindakan tilang berdasarkan pantauan kamera CCTV mulai 1 September. Diketahui, berbagai macam CCTV sudah terpasang di beberapa ruas jalan raya di Surabaya.

Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Muhammad Iqbal, mengatakan, penerapan sistem tilang tersebut dimulai dari tahapan sosialisasi yang akan berlangsung selama bulan September.

"Sepanjang masa sosialisasi ini kami cuma melakukan pemantauan dari kamera CCTV. Setiap pengendara yang terpantau melanggar akan kami catat dan kami layangkan peringatan melalui surat ke rumahnya," jelas Iqbal.

Petugas dari kepolisian, lanjut Iqbal, baru akan mendatangi rumah pelanggar lalu lintas berdasarkan rekaman CCTV tersebut pada bulan Oktober. Menurutnya lagi, penerapan tilang melalui pantauan CCTV dasar hukumnya dinilai sudah jelas, yaitu Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Seluruh perangkat tilang melalui pantauan kamera CCTV tersebut sarana dan prasarananya dibuat oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surabaya. Namun Iqbal menuturkan bahwa secara bertahap nanti sarana dan prasarananya akan terus dibenahi.

"Seperti di tahun pertama meski kami menilang berdasarkan pantauan CCTV, tapi pelanggar tetap mendatangi kantor kejaksaan. Tahun-tahun berikutnya kami harap sudah otomatis langsung tilang ditempat," pungkasnya. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar