11 September 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Probolinggo Sudah Punya Modal CCTV untuk E-Tilang

Ilustrasi

Kota Probolinggo, Jawa Timur, ternyata sudah memiliki bekal untuk menerapkan tilang elektronik (e-tilang) seperti yang dilakukan oleh Surabaya. Hal tersebut adalah sejumlah perangkat CCTV yang terpasang sejak 2012 lalu di beberapa titik persimpangan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, Sumadi, menjelaskan beberapa lokasi yang sudah dipasangi kamera CCTV. "Di antaranya adalah persimpangan Ketapang, persimpangan Pilang, persimpangan Brak, persimpangan Kodim 0820, persimpangan King, dan persimpangan Randupangger. Persimpangan Jalan Brantas dan Jalan Abdurrahman Wahid (Gus Dur)," paparnya.

Namun untuk menuju penerapan e-tilang, Sumadi menjelaskan kualitas CCTV tersebut harus lebih ditingkatkan, walau sebenarnya CCTV yang ada sudah bisa menangkap plat nomor kendaraan.

"Selain itu, rekaman dari kamera juga perlu disambungkan ke Mapolresta Probolinggo, ke ruangan Command Centre di Kantor Pemkot, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya," tambah Sumadi.

Keberadaan kamera pengintai itu tak hanya digunakan untuk memantau arus lalu lintas dan juga mengidentifikasi dan merekam jejak pelaku kriminal, seperti yang selama ini dilakukan. Kamera itu juga bisa dipakai untuk penerapan tilang elektronik layaknya di Kota Surabaya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar