19 September 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Atasi Macet, Pemkab Bekasi Anggarkan Rp 2,5 M untuk CCTV

Ilustrasi

Anggaran sebesar Rp 2,5 miliar tengah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk membeli beberapa perangkat pengawas dan pengatur lalu lintas seperti kamera CCTV dan lampu stop otomatis. Kedua alat tersebut akan dipasang di beberapa titik persimpangan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup mengatakan perangkat teknologi lalu lintas itu akan dibeli menggunakan anggaran APBD 2018. Rencana tersebut dinilai dapat mengurangi kepadatan kendaraan yang kerap terjadi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bekasi.

“Meski sebenarnya, saat ini Kabupaten Bekasi telah memiliki 12 titik jalan yang dilengkapi CCTV, namun kemacetan saat ini tetap tidak terhindarkan,” ucapnya, belum lama ini. Dengan penambahan kamera CCTV itu, maka saat terjadi kemacetan yang terpantau di ruang kendali maka personel akan langsung menuju ke lokasi.

Selain menambah CCTV, anggaran Rp 2,5 miliar akan digunakan untuk penyempurnaan alat pemberi isyarat lalu lintas atau lampu merah perempatan. Nantinya perangkat tersebut dapat berfungsi secara otomatis sesuai kepadatan jalan.

Suhup menjelaskan, kemacetan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat tentang berperilaku dalam berkendara, meski begitu pihaknya terus berupaya mengatasi kemacetan dengan berbagai kebijakan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar