19 September 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Polresta Kediri Usulkan Pemasangan CCTV untuk Keamanan

Ilustrasi

Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kediri mengusulkan pemasangan CCTV di seluruh bangunan mulai dari rumah pribadi maupun gedung usaha di Kota Kediri menjadi Perda atau Perwali Pemkot Kediri. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menjaga kemanan ketertiban masyarakat.

"Pemasangan kamera pengintai ini merupakan usulan dari surat pihak kepolisian yang masuk ke Pemerintah Kota Kediri. Berdasar surat polisi ke pemkot yang menanyakan soal perda atau perwali CCTV. Jadi kita akan membahasnya dalam rapat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota kediri, Harris Chandra, kemarin.

Dia menerangkan, meski rincian usulan tersebut belum jelas, namun keberadaan kamera CCTV dinilai secara efektif mampu digunakan sebagai pendamping informasi di Kota Kediri. "Semuanya masih dalam taraf pembahasan untuk pemasangan kamera pengintai, masih menunggu meskipun urgensinya dibutuhkan," imbuh Harris.

Di sisi lain, Kasat Sabhara Polresta Kediri AKP Suproyanto enggan memberikan keterangan terkait usulan pemasangan kamera pengintai tersebut. Ia yang disebut-sebut sebagai inisiator usulan hanya memberikan penegasan jika yang membutuhkan CCTV bukan hanya kepolisian, tapi juga masyarakat.

Sehingga jika terjadi tindak kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan pengaturan lalu lintas, CCTV bisa digunakan sebagai salah satu alat bukti yang otentik.

"Sebenarnya tidak ada target, kalaupun ada ya semoga semua warga menggunakan kamera pengintai, selain itu CCTV bisa menjadi bukti audio video sekaligus saksi tak hanya kriminalitas namun juga kejadian lalu lintas," tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar