25 September 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Jaga Kebersihan, Bantaran Sungai di Jakarta Akan Dipantau CCTV

Ilustrasi

Untuk menjaga kebersihan sungai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memasang CCTV di bagian bantaran sungai-sungai yang ada di Ibukota. Pemasangan CCTV di bantaran sungai ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Pemasangan CCTV di bantaran sungai itu bertujuan untuk memantau kebersihan di sungai-sungai," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik DKI Dian Ekowati di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Dian menegaskan, pemasangan kamera-kamera pengawas tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk memantau keamanan, tetapi juga kebersihan atau kondisi lingkungan di suatu wilayah.

Namun, pihaknya mengaku saat ini terus memantau apakah ada operator yang bisa memasang CCTV di wilayah bantaran sungai. "Kalau memang memungkinkan, ada operator yang bisa memasang jaringan CCTV di daerah-daerah bantaran sungai, maka kami bisa segera pasang CCTV disitu," tuturnya.

Selain itu, lanjut Dian, pemasangan CCTV pemantau tersebut bertujuan untuk memantau warga yang masih memiliki kebiasaan membuang sampah ke sungai. Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, warga yang membuang sampah sembarangan bisa didenda maksimal Rp500 ribu

"Oleh karena itu, kami harus lakukan monitoring dulu dengan ketat. Setelah itu, baru kami bisa tindak tegas pihak atau oknum yang membuang sampah ke sungai," tegas Dian.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar