27 September 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kantor Wali Kota Semarang Dipasangi CCTV untuk Cegah Gratifikasi

Ilustrasi

Langkah Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, untuk mencegah kasus gratifikasi di lingkungan kantornya patut diacungi jempol. Dirinya memasang puluhan kamera CCTV yang mengawasi gerak-gerik para tamu yang berkunjung ke kantor wali kota.

"Di ruangan kami, semua ruangan dipasangi CCTV. Kami andalkan CCTV karena itu terhubung dengan monitoring room. Semua terbuka, dan bisa dicek apa yang sedang dilakukan," ujar Hendrar, Selasa (26/9/2017).

Dia pun yakin setiap tamu yang datang akan terawasi oleh CCTV. Hendrar pun tak mempersoalkan jika ada tamu yang membawa tas atau apapun. "Pada intinya, saya setuju dengan yang dilakukan Pak Rudi (Wali Kota Solo), tapi kami di Semarang tidak melakukan seperti itu. Semua tamu yang ingin datang ke kantor pasti ada prosedurnya, seperti mengisi buku tamu dan seterusnya," tambahnya.

Langkah pemasangan CCTV ini dilakukan Hendrar setelah maraknya operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada sejumlah kepala daerah.

Selain itu, Hendrar melakukan antisipasi lain dengan memasang CCTV di kediaman pribadinya. Hendrar mengaku tak ingin membatasi siapapun tamu yang hendak menemuinya, karena itu dianggap bentuk pelayanan kepada masyarakat.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar