03 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Cegah Kebut-kebutan, Tol Semarang-Solo Dipasangi CCTV Tahun Depan

Gerbang Tol Salatiga

PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Semarang-Solo, Jawa Tengah, berencana memasang puluhan kamera CCTV di sepanjang jalan tol pada 2018. Kamera CCTV tersebut akan memantau tol dari kawasan Banyumanik hingga Salatiga.

Saat ini rencana tersebut sedang dalam proses pengadaan. Direktur Utama TMJ Yudhi Krisyunoro menjelaskan, pemasangan CCTV tersebut untuk mempermudah pemantauan lalu lintas di jalan tol. Dia pun mengaku saat ini jumlah CCTV yang sudah terpasang masih kurang memadai.

"Saat ini baru tiga buah dan itu pun baru di tiap gerbang tol, yakni di GT Banyumanik, GT Bawen, dan GT Salatiga. Hal ini agar tidak banyak aksi kebut-kebutan atau kejadian mobil melawan arus di tol yang sempat viral," tutur Yudhi, Sabtu (30/9/2017).

Ditambahkan olehnya, nantinya sekitar 20 CCTV tambahan ini dapat terpasang paling telat akhir tahun ini dan awal tahun bisa dioperasikan. Selain itu, jumlah 20 CCTV itu kemungkinan masih akan bertambah sesuai dengan kebutuhan. Idealnya tiap 500 meter, ada satu CCTV yang terpasang.

Pada tahap pertama ini, ke-20 CCTV tersebut akan dipasang di titik strategis, seperti di simpang susun, underpass, maupun overpass. "Tahun depan kami akan pasang lagi, tiap 500 meter. CCTV itu nantinya akan merekam laju kendaraan di dua arah selama 24 jam dalam sehari," pungkas Yudhi.                                        



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar