03 Oktober 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Sulit Dideteksi CCTV, Warna Dasar Pelat Kendaraan Akan Diganti

 

 

Di era serba digitalisasi seprti sekarang ini memaksa semua pihak untuk mau tidak mau harus segera melek teknologi. Pasalnya, keberadaan teknologi pada masa sekarang ini amat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Demikian juga dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia yang terus berbenah diri untuk bisa memaksimalkan peran teknologi dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Yang terbaru, Korlantas Polri sedang merumuskan regulasi baru mengenai pergantian warna pelat nomor kendaraan bermotor. Dasar pelat hitam akan diganti dengan warna yang lebih terang. Berdasarkan penelitian, pelat nomor warna dasar hitam itu sulit terdeteksi oleh CCTV. Sebab, ke depan proses tilang di seluruh Indonesia dilakukan secara online.

Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Risyapudin menjelaskan, perubahan warna tersebut dapat berdampak pada segi regulasi hukum yang signifikan dengan memberikan keamanan dan keselamatan pengendara lalu lintas.

Korlantas Polri berencana untuk mengimplementasikannya pada 2019, dimulai dari kendaraan baru dan yang masa berlaku STNK atau pelat nomornya habis per lima tahun. Namun, sebagai tahap awal dimulai pada Oktober 2018 dan dilakukan secara bertahap

"Akan terintegrasi dan menunjang kerja petugas mengamankan lalu lintas, serta memudahkan kerja alat speed gun, speed camera, dan CCTV dalam merekam kendaraan yang melakukan pelanggaran maupun aksi pencurian," ujar Risyapudin.

 

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar