05 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pelanggar Lalu Lintas di Tangerang Mulai Ditegur Dari Speaker

Persimpangan di Kota Tangerang

Sistem kendali lalu lintas atau area traffic control system (ATCS) yang dioperasikan Dinas Perhubungan Kota Tangerang saat ini kerap menemui pengendara yang sering melanggar lalu lintas. Mereka ditegur melalui pengeras suara yang terhubung dengan kamera CCTV.

"Secara keseluruhan, ada 35 simpang yang terpasang lampu lalu lintas, namun baru 16 persimpangan yang terpasang (kamera) CCTV," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rohman, ketika ditemui hari ini.

Dia menjelaskan, dari ruang kendali Dishub Kota Tangerang,  terlihat beberapa monitor berukuran kecil hingga besar yang menayangkan rekaman kamera CCTV di beberapa persimpangan. Menjelang jam pulang kerja, hampir di semua monitor menampilkan kondisi lalu lintas yang padat.

Terhadap pengendara yang melanggar, seperti berhenti di zebra cross yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki, bisa ditegur menggunakan traffic public announcement (TPA). TPA merupakan pengeras suara yang terpasang di tiap lampu merah dan terhubung dengan ATCS.

"Jadi, kalau ada pengendara yang melanggar seperti ini, bisa kami tegur langsung supaya mundur sebelum garis penyeberangan," tukasnya.




Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar