06 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Ini Potensi CCTV yang Harus Diperhatikan untuk E-Tilang

Ilustrasi

Pemasangan CCTV bersuara di 14 persimpangan di Jakarta oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta, rencananya akan diproyeksikan sebagai salah satu infrastruktur tilang elektronik.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Andriansyah menjelaskan, CCTV sebetulnya sudah dipasang di beberapa tempat di wilayah Jakarta sejak 2012 lalu. Ribuan CCTV tersebut sudah terkoneksi dengan sistem Smart City DKI Jakarta. Namun, CCTV berpengeras suara baru dipasang di sekitar Thamrin.

Namun untuk menerapkan E-tilang, Andri mengaku masih ada yang perlu ditingkatkan. Dia menjelaskan, Dibutuhkan data yang besar untuk melihat dengan jelas pelat nomor kendaraan.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Pakar Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, mengatakan potensi CCTV ada di data analytic. ""Soal teknologi sebenarnya bagus-bagus saja. Saya hanya mengingatkan kalau sebenarnya CCTV potensinya ada di data analytic, bukan hanya soal imaging dan voice," ucapnya, belum lama ini.

Dia melanjutkan, jika data analytic tersebut terus diolah dengan baik, maka sangat dimungkinkan untuk melakukan manajemen lalu lintas. "Data CCTV realtime kalau bisa dirancang dengan baik bisa untuk diolah perhitungan lalulintas, antrian bagi manajemen lalul intas dan keselamatan," paparnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar