10 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Atur Lalu Lintas, Dishub Balikpapan Pasang CCTV di 15 Titik

Ilustrasi

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan memasang CCTV di 15 titik yang dianggap rawan. CCTV ini akan dipakai untuk memantau, menegur, dan menindak pengguna jalan yang tertangkap basah melakukan pelanggaran lalu lintas (lalin).

Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana menjelaskan, CCTV ini akan membantu pihak kepolisian untuk menindak pelanggar lalin baik secara langsung (penilangan) ataupun tidak langsung.

Kebijakan ini sekaligus mengikuti langkah beberapa kota di Indonesia yang terlebih dahulu memberlakukan peringatan lewat pengeras suara. ”Sejauh ini memang Surabaya yang sudah lebih dahulu menerapkan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dari evaluasi sementara, keberadaan pengeras suara memang belum optimal. Karena itu, Dishub dan Satlantas Polres Balikpapan akan mengombinasikan fungsi CCTV dan pengeras suara di 15 titik traffic light. “Diharapkan dengan kehadiran CCTV ini jumlah pelanggaran yang terjadi dapat semakin ditekan,” katanya.

Saat ini, Dishub Balikpapan juga sedang menyusun program agar lalu lintas di traffic light dapat terpantau secara real time lewat smartphone. Dia menargetkan, akhir tahun ini program tersebut sudah sudah dapat berjalan. ”Kami sedang siapkan sistemnya, target akhir tahun bisa berjalan programnya,” paparnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar