14 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pengamat: Tilang CCTV Akan Efektif Kalau Diterapkan di Medan

Ilustrasi

Progam tilang melalui hasil rekaman CCTV sangat efektif diberlakukan, sebagai salah satu langkah untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas. Namun pemberlakuan ini harus disosialisasikan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahpahaman.

"Selain pendidikan berlalulintas, tilang CCTV yang kabarnya akan dipasang di setiap persimpangan jalan juga sangat bagus dan tepat untuk menekan angka pelanggaran lalulintas di jalan raya. Memang perlu disosialisasikan terlebih dahulu. Jangan sampai masyarakat menuding kalau itu merupakan jebakan dari aparat penegak hukum untuk melakukan penilangan," terang Sekretaris Pusat Studi Hukum dan Pembaharuan ( PUSPHA ), Nuriono SH, Rabu (11/10/2017).

Dia mengatakan, kondisi lalulintas khususnya di kota Medan sudah terbilang parah. Mulai dari pelanggaran traffic light, pemotor di atas trotoar jalan, dan sebagainya. Untuk itu, dia menyarankan agar petugas selalu berjaga di lokasi rawan kemacetan.

"Kalau ada polisi di setiap titik lokasi rawan kemacatan dan melakukan penindakan (tilang) terhadap pengendara yang melanggar lalulintas seperti diantaranya naik ke trotoar merupakan suatu tindakan yang tepat sebagai shockteraphy bagi pengendara nakal tersebut yang menimbulkan efek jera," jelasnya.

Dengan demikian, lamban laun masyarakat tidak akan lagi melakukan pelanggaran lalulintas. Maka dari itu dalam mencipatakan budaya tertib berlalulintas dirinya juga mengaku semua bisa saja terwujud asalkan seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar