16 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pantau Lalu Lintas, Beberapa Simpang di Singkawang Akan Dipasangi CCTV

Ilustrasi

Sebanyak 8 CCTV segera menjadi mata-mata di beberapa persimpangan di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pemasangan CCTV tersebut akan segera dimulai tahun ini oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Singkawang, Ahyadi, mengatakan pemasangan CCTV lalu lintas akan dikoordinasikan antara pihaknya dengan kepolisian. "Karena memang menyangkut dengan lalu lintas itu berhubungan langsung dengan Dishub dan kepolisian," ujarnya, Minggu (15/10/2017).

Dia menjelaskan, pihak Diskominfo hanya menyiapkan infrastrukturnya. Namun penggunaannya akan dikerjasamakan dengan tiga lembaga, yakni Dishub, Kominfo dan kepolisian.
"Intinya kita bertahap dulu, mengingat infrastrukturnya sudah ada. Dan dalam waktu dekat akan kita pasang dan langsung di operasionalkan," tuturnya.

Disebutkan Ahyadi, 8 CCTV lalu lintas yang akan dipasang di persimpangan jalan itu, diantaranya, di Bundaran AI Sakok, simpang Diponegoro, simpang Roban, simpang Sekip Lama, simpang KB Sungai Wie, dan simpang Yos Soedarso Kuala.

Adapun tujuan dari pemasangan CCTV Lalu Lintas ini pertama, ingin melihat bagaimana aktivitas lalu lintas di masyarakat. Kedua, untuk mencegah aksi kejahatan. "Karena dengan adanya CCTV orang akan mikir-mikir untuk melakukan kejahatan," katanya.

Menurutnya lagi, jika memang terjadi aksi kejahatan, dengan adanya CCTV tersebut maka akan cepat direspon. "Karena nanti akan kita zoom dan tentu akan ketahuan siapa pelakunya," terangnya.

Sedangkan yang ketiga, adalah untuk memantau masyarakat supaya bisa tertib dalam berlalu lintas. "Sehingga apabila terjadi pelanggaran, akan kita ingatkan dengan mic atau pengeras suara," papar Ahyadi. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar