16 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

CCTV Pemantau Lalu Lintas di Pacitan Segera Bertambah

Ilustrasi

Sebanyak tiga unit CCTV baru akan segera dipasang oleh Polres Pacitan dalam waktu dekat. Penambahan CCTV ini dilakukan untuk memantau arus lalu lintas, terutama di jalur yang rawan kemacetan dan kecelakaan.

Ketiga lokasi rawan itu antara lain Jl. Tentara Pelajar sebagai daerah rawan kecelakaan, Jl. Jenderal Sudirman ruas Pasar Arjowinangun sebagai daerah rawan kemacetan, dan sekitar perempatan Penceng sebagai rawan pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polres Pacitan, AKP Hendrix K. Wardhana, mengatakan kamera pemantau tersebut diharapkan dapat membantu tugas polisi untuk menyelidiki pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. “Kita upayakan ada tiga titik, di mana satu daerah rawan kecelakaan, satu daerah rawan pelanggaran, dan satu daerah rawan macet,” tutur Hendrix, belum lama ini

Dia menjelaskan, pemasangan kamera CCTV baru ini untuk melengkapi perangkat serupa yang telah ada dan dioperasikan Dinas Perhubungan Kota Pacitan. Namun, untuk kamera CCTV lama memiliki fungsi memantau kepadatan arus lalu lintas.

Sedangkan kamera dari Polri, kata dia, dapat mencatat lebih rinci identitas kendaraan yang melintas. Selain itu, rekaman yang dihasilkan dapat menjadi data pendukung bagi petugas dalam mengungkap kejadian kecelakaan.

“Jika ada kejadian bisa terpantau pelanggarnya siapa, dengan kendaraan apa, nomor polisinya bagaimana, dan juga kendaraan itu layak jalan atau tidak. Jadi [kamera CCTV] sangat memudahkan kita,” tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar