17 Oktober 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Draft Regulasi Tilang CCTV Segera Rampung

Regulasi yang mengatur mekanisme pelaksanaan tilang dengan sistem kamera pengawas (CCTV) di Kota Surabaya masih terus digodok. Tim akademisi yang menyusun draft regulasi terus menggarap dan memperbaiki isi peraturan tersebut, dan akan segera rampung dalam waktu dekat.

Ketua Tim penyusun draft aturan tilang CCTV, DR Hufron SH MH, mengatakan pihaknya tengah melakukan finalisasi draft aturan yang akan dijadikan pilot project sistem tilang dengan bukti rekaman kamera CCTV. Selanjutnya kemudian hasilnya akan dibahas dalam forum bersama Pemkot dan juga kepolisian.

Dijelaskan, ada dua poin berbeda dan berperan penting dalam rancangan regulasi ini. Yang pertama adalah berkaitan dengan siapa yang dikenakan penindakan dan yang kkedua bagaimana sanksi tilang akan diberlakukan. Hufron menuturkan, bila aturan sebelumnya, pihak yang dikenakan sanksi dalam pelanggaran aturan lalu lintas adalah pengendara atau pelanggar. Teknisnya ialah mereka yang mengemudikan kendaraan saat terjadi pelanggaran.

Adapun sistem yang mengatur saat ini, pelanggar boleh tidak ikut sidang, namun membayar sanksi maksimal setelah ada keputusan sidang, maka jika uangnya lebih akan dikembalikan. "Namun hal itu tidak bisa diterapkan di aturan ini, sebab dengan bukti CCTV ini yang dicapture adalah plat kendaraan sehingga yang akan dilacak nantinya adalah pemilik kendaraan," ucap Hufron.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Robben Rico berharap draft regulasi ini dapat segera dirampungkan agar para aparat memiliki landasan hukum yang jelas dalam menerapkan sistem baru ini.

Selain itu, dia mengatakan aturan ini nantinya juga akan menjadi pilot project untuk digunakan di daerah-daerah lainnya di Indonesia. "Untuk pelaksanaan tindak tilangnya harus ada aturannya. Makanya kami menunggu aturannya jad. Kami dapat laporan empat hari lagi sudah selesai draft aturannya. Semoga tidak banyak revisi," pungkas Robben.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar