20 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Dishub Pasuruan Pantau Lalu Lintas dari Transport Center

Transport Center Dishub Pasuruan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memantau lalu lintas dari sebuah ruangan bernama Transport Center. Fasilitas ini merupakan pusat pemantauan lalu lintas dari 17 kamera CCTV yang tersebar di semua simpang di Pasuruan.

"Bukan hanya kemacetan, tapi kecelakaan dan bahkan tindak kriminal kami pastikan bisa memantau dan merekamnya. Nomor kendaraan baik motor maupun mobil juga bisa dilihat jelas," jelas Kadishub Kabupaten Pasuruan, Hery Yitno, saat ditemui di ruang Transport Center, Jalan Wonorejo, belum lama ini.

Dia menjelaskan, 17 CCTV tersebut tersebar di banyak lokasi yaitu, di Simpang Empat Rejoso, Simpang Tiga Ngopak, Simpang Tiga Tambakrejo, Simpang Empat Warungdowo, Simpang Tiga Sentul, Simpang Tiga Purwodadi, Simpang Tiga Purwosari. Selain itu, seluruh kamera dipasang di tiang mandiri dengan ketinggian yang cukup dan memiliki jangkauan sampai 200 meter.

Selain titik-titik tadi, CCTV juga dipasang di Simpang Empat Jetak-Pandaan, Simpang Empat Taman Dayu-Pandaan, Simpang Empat P21-Pandaan, Simpang Empat Kasri-depan Polsek Pandaan, Alun-Alun Bangil, Jalan Ahmad Yani Bangil, Simpang Tiga Raci dan Simpang Tiga Gempol.

"Kalau ada potensi kemacetan parah di satu titik, kami langsung bisa ambil keputusan dan berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengalihan. Demikian juga jika ada kecelakaan dan aksi kriminal, polisi bisa menggunakan rekaman kami untuk kepentingan penyelidikan. Sudah ada beberapa kasus kejahatan jalanan yang terungkap karena rekaman kami," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pengembangan Sistem Jaringan Dishub Kabupaten Pasuruan Yoni Waskito mengatakan Transport Center tersebut juga terkoneksi langsung ke TMC Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota.

"Masyarakat juga bisa memantau langsung arus lalu lintas lewat tayangan di Facebook, Twitter dan Instagram kami. Kami selalu update setiap satu jam. 5 Petugas selalu stand by bergantian di ruangan ini," tutur Yoni.




Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar