31 Oktober 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Cegah Kebocoran Retribusi, Pos Pariwisata Gunungkidul Dipasangi CCTV

Ilustrasi

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul serius dalam mencegah kebocoran retribusi di sektor pariwisata. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memasang kamera pemantau/CCTV di sejumlah Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan pemasangan kamera CCTV adalah salah satu terobosan yang dilakukan untuk mencegah kebocoran retribusi di sektor pariwisata. Lanjutnya, beberapa lokasi TPR telah dipasangi CCTV, di antaranya Baron, Wediombo, Tepus, Siung, Wediombo, Bejiharjo, dan Pos Retribusi Karang Lor, Bejiharjo.

“Ini baru langkah awal karena nantinya kami juga melakukan pemasangan CCTV yang sama di TPR lainnya,” kata Badingah saat Rapat Paripurna DPRD Gunungkidul, Senin (30/10/2017).

Badingah pun berharap dengan pemasangan alat ini maka aktivitas di pos pemungutan dapat dipantau secara seksama. Adapun tujuannya agar potensi kecurangan dalam penarikan dapat dikurangi sehingga kebocoran retribusi dapat dicegah. “Jadi bisa dipantau setiap saat tanpa harus datang ke lokasi,” ujarnya.

Menurut dia, pemasangan CCTV di TPR hanya salah satu upaya yang dilakukan pemkab. Sebab untuk memaksimalkan pendapatan, juga akan menerapkan tiket elektronik yang berbasis online. “Masih dalam kajian dan mudah-mudahan bisa diterapkan mulai tahun depan,” tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar