17 November 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Polres Bontang Akan Terapkan Tilang CCTV

Ilustrasi

Kepolisian Lalu Lintas Polres Bontang, Kalimantan Timur, segera menerapkan tilang yang memanfaatkan kamera CCTV di delapan titik. Penerapan tilang terhadap para pelanggar lalu lintas tersebut rencananya dilakukan pada Senin, 20 November 2017.

Kasat Lantas Polres Bontang, AKP Irawan Setyono mengatakan pihaknya baru saja menambah jumlah kamera CCTV untuk memonitor lalu lintas di beberapa titik Kota Bontang. Kamera baru yang terpasang sebanyak 4, diantaranya di Simpang Bukit Indah (Jalan Ahmad Yani), Simpang Tiga Lengkol (jalan Sutan Syarir), simpang Bontang Kuala (jalan Awang Long), dan simpang Pisangan (jalan HM Ardans).

“Jadi totalnya sudah ada delapan, empat ini melengkapi kamera pengawas yang sudah terpasang di Bontang Plaza (jalan Brigjen Katamso), Simpang Ramayana (jalan Soeprapto), simpang Bontang Baru (jalan Ahmad Yani) dan Simpang Berbas (jalan Sultan Hasanuddin),” ucap AKP Irawan.

Dia menjelaskan, penilangan dari CCTV tersebut berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, penilangan akan dilakukan secara manual. Sebabnya kamera yang terpasang saat ini belum mampu merekam nomor kendaraan dan tingkat laju kendaraan.

Jadi, pelaksanaan tilang akan menempatkan petugas tidak jauh dari lokasi kamera yang terpasang. Petugas nantinya bakal menindak pelanggar, dengan menunjukkan bukti rekaman kamera kepada pengendara. “Tidak seperti yang di Pulau Jawa, masih manual. Petugas kami stand by kalau ada pelanggar didapat kemudian diperlihatkan bukti rekaman pelanggaran mereka,” tambahnya.

Irawan menambahkan, sementara ini langkah tilang manual berbasis rekaman kamera pengawas masih dalam uji coba. Harapannya, kamera yang terpasang dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Selain itu, pihaknya juga berencana mengganti CCTV saat ini dengan jenis kamera yang lebih canggih. Sehingga penindakan berbasis CCTv tidak lagi dilakukan secara manual.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar