21 November 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kota di Inggris Pakai CCTV Pendeteksi Perilaku Pengendara

Boks kamera CCTV di kota Northumbria, Inggris

Northumbria, salah satu kota di Inggris, menggunakan CCTV lalu lintas yang tak hanya mendeteksi pelat nomor kendaraan ilegal. Namun juga bisa mendeteksi perilaku pengendara yang membahayakan, seperti tak menggunakan sabuk pengaman atau sedang menggunakan ponsel.

CCTV yang diletakkan dalam boks kuning tersebut pada 2015 lalu telah berhasil menangkap sebanyak 700 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Dari angka tersebut paling banyak pelanggaran yang dilakukan adalah tak mengenakan sabuk pengamanan sebanyak 604 kasus.

Berbagai aturan pun mulai dikeluarkan agar pengendara tetap tertib di jalan sehingga angka kecelakaan lalu lintas bisa berkurang. Tahun depan pada bulan Maret misalnya pengendara yang kedapatan menggunakan ponsel bakalan dikenakan penalti 6 poin dan denda sebesar 200 Poundsterling atau setara Rp 3,5 juta.

"Keberadaan kamera CCTV ini cukup membantu pihak kepolisian untuk menegakkan segala aturan lalu lintas di jalan. Banyak yang berpikir hanya kecepatan saja yang terdeteksi," kata Kepala Polisi Northumbria, Sarah Pitt seperti dikutip The Sun.

"Mengendarai tanpa mengenakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel dan tindakan lainnya tak sesuai aturan tentu membahayakan bagi para pengendara dan pejalan kaki. Kami tak akan toleran bagi mereka uang melanggar, siapapun melanggar akan menghadapi konsekuensinya," tegas Sarah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar