24 November 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Rawan Kecelakaan, Tol Tangerang-Merak Akan Dipasangi Speed Camera

Gerbang Tol Cikupa

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan tindakan untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak. Salah satunya adalah dengan memasang speed camera sebagai kontrol pelanggaran. Speed camera tersebut akan dipasang di dua titik.

Tingginya angka kecelakaan Tol Tangerang-Merak berdasarkan data dari Induk PJR Serang, sampai November terdapat 437 kecelakaan di tol Tangerang-Merak. Akibatnya sebanyak 268 korban luka ringan, 144 luka berat dan 25 orang meninggal dunia.

“Kita pelajari titik mana rawan kecelakaan yang menyebabkan fatalitas korban kecelakaan, ” kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pujiyono Dulrachman di Kantor Induk PJR Serang, Rabu (22/11/2017).

Dia menjelaskan, fungsi speed camera tersebut selain dapat memantau jumlah total kendaraan yang melintas di lokasi, juga mampu merekam kecepatan kendaraan. “Kalau ada yang melaju melebihi kecepatan yang ditentukan, kamera akan merekam plat nomor polisi kendaraan yang bersangkutan," tuturnya.

Selanjutnya, data tersebut akan diteruskan kepada bagian Regident dan ditindaklanjuti dengan surat peringatan kepada pengendara. “Sejauh ini kita akan coba peringatkan. Semoga dengan peringatan ini, pengendara tidak mengulangi kecepatannya saat berkendara,” ungkapnya.

Meski bukan dalam bentuk sanksi terhadap pengendara, Pujiyono berharap pemasangan speed camera akan menjadi langkah preventif dalam penanganan kecelakaan di jalur bebas hambatan tersebut.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Wiwiek D. Santoso menyambut baik rencana pemasangan speed camera di Tol Tangerang-Merak. Selama ini, pengelola mengandalkan 35 CCTV dan memonitor jalan secara langsung. “Kalau mengandalkan yang muter saja nggak akan 100% tercover,” ucap Wiwiek. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar