27 November 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Dishub Gresik Pasang CCTV untuk Singkirkan Parkir Liar

Ilustrasi

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik baru-baru ini mendapatkan target pendapatan retribusi parkir tepi jalan umum yang baru dari Pemkab. Untuk menyiasati tingginya target retribusi tersebut, sebuah terobosan pun dilakukan, terutama untuk menindak tegas parkir liar.

Terobosan tersebut adalah dengan memasang kamera CCTV.  Kepala Seksi Pengelola Parkir Dishub Gresik, Syaifullah Mahyudi, mengatakan keberadaan CCTV akan memudahkan petugasnya dalam memantau kondisi perparkiran dari praktek nakal. Namun selain itu, CCTV juga dapat memantau kondisi keamanan.

“Minimal kalau ada apa-apa petugas kami langsung bisa datang ke lapangan dan tanpa menunggu laporan dari warga, kan dari CCTV sudah terpantau secara real time dan jelas,” kata Syaifullah, Sabtu (25/11/2017).

Diketahui pemasangan CCTV Dishub mengalokasikan anggaran sebesar Rp 170 juta. Rencananya, kamera tersebut dipasang dalam bulan ini dan bisa jadi pemasangan lanjutan ke titik lain pada tahun berikutnya. CCTV sendiri terkoneksi dengan server yang berada di ruang pantau di kantor Dishub Gresik.

Dibenarkan Kepala Dishub Gresik Andhy Hendro Wijaya, bahwa pantauan kamera bakal dipasang minggu ini, untuk sementara pemasangan hanya di tiga titik. Di antaranya, pasar kota Gresik, pasar Sidomoro dan Jalan Pahlawan. “Sementara itu dulu, nanti bertahap tempat lainya juga bakal dipasangi CCTV,” ungkapnya.

Andhy menambahkan, pemasangan CCTV untuk memantau aktivitas yang ada di lapangan. Terutama memantau juru parkir maupun pengguna parkir yang tidak tertib. Sebab menurutnya, banyak praktek nakal yang dilakukan oleh juru parkir ketika tidak adanya petugas yang patroli. “Misalnya saja juru parkir nakal yang menarik uang parkirnya dengan jumlah lebih  dari ketentuan,” paparnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar