30 November 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Cegah Aksi Kriminal, Jembatan Ampera Akan Dipasangi CCTV

Jembatan Ampera Palembang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan segera memasang kamera CCTV di Jembatan Ampera Palembang. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari persiapan pesta olah raga akbar Asian Games 2018 dan untuk mencegah aksi kriminal. Pasalnya Jembatan Ampera akan menjadi perhatian khusus saat Asian Games 2018 berlangsung.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V, Zamharir Basuni, mengatakan selain rawan tindak kejahatan, Jembatan Ampera kerap dijadikan sebagai lokasi untuk bunuh diri warga yang merasa frustasi.

Oleh karena itu pihaknya akan memasang kamera pengintai untuk melihat pergerakan dan aktivitas masyarakat yang berada di jembatan penghubung Seberang Ilir dan Ulu Palembang tersebut. "Mengenai jumlah dan titik yang akan dipasang masih akan dibahas terlebih dahulu," katanya. Diharapkan, pemasangan CCTV ini akan selesai sebelum pergelaran Asian Games 2018 berlangsung.  

Sementara Direktur Jembatan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Iwan Zakarsi, mengatakan berdasarkan peraturan internasional, orang tidak boleh melintas atau berjualan di atas jembatan besar. Sehubungan itu perlu pemasangan kamera pengintai untuk melihat aktivitas arus lalu lintas dan masyarakat di jembatan tersebut.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono S mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada Direktorat Jembatan Kementeruan PU dan Perumahan Rakyat agar segera memasang CCTV di setiap jembatan-jembatan besar yang ada di Indonesia. Dia mencontohkan, seperti di Batam dan Palembang, karena jembatan biasanya menjadi sasaran bagi warga untuk melakukan kriminalitas.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar