04 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

CCTV Pintar Ini Tak Terpasang Tetap, Tapi Melayang Awasi Seisi Ruangan

Moon CCTV

Perangkat CCTV biasanya dipasang di titik tertentu untuk menjangkau suatu area yang diawasinya. Namun tetap ada sisi dimana kamera tidak bisa melihatnya, hal ini disebut blind spot. Saat ini, sebuah startup bernama 1-Ring berusaha memecahkan permasalahan tersebut mengembangkan CCTV yang dapat berputar 360 derajat dan melayang.

Kamera bernama Moon ini berbentuk bulat seperti mata yang melayang di atas sebuah kotak dasar. Tidak seperti kamera CCTV pada umumnya, Moon memiliki desain lebih ringkas namun kaya akan fitur untuk menjamin keamanan ekstra.

Antara kamera dan platform disematkan dua kutub magnet yang berlawanan sehingga bisa melayang. Tidak ada kabel atau kawat, kamera mengandalkan teknologi wireless charging untuk tetap beroperasi 24 jam. Jadi, selama aliran listrik di rumah tersedia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan CCTV.

Meski begitu, mode melayang ini tak melulu harus digunakan setiap saat. Moon memiliki port USB-C untuk digunakan di area lain. Bahkan tersedia baterai internal yang mampu memberikan suplai energi hingga 5 jam pengawasan aktif.

CCTV Moon juga memiliki fitur mikrofon yang melingkari tubuhnya. Apabila terdapat suara dari suatu titik, kamera akan berputar dan fokus pada sumber suara. Fitur night vision memastikan semua tetap terlihat meski lampu dimatikan.

Selain itu kamera ini dilengkapi sensor kelembapan, suhu ruangan, dan pencahayaan yang bisa dipantau pengguna melalui aplikasi eksklusif di smartphone. Moon terhubung dengan internet (WiFi) di rumah sehingga user dapat mengontrol kamera meski sedang berada di luar.

Bahkan yang lebih uniknya lagi, Moon memiliki koneksi Bluetooth dan infrared yang dapat dijadikan media untuk mengendalikan alat-alat elektronik rumah tangga, dengan catatan internet terhubung.

Saat ini prototipe Moon sudah dipatenkan dan rencananya akan diproduksi massal pada Maret tahun depan. Bagi Anda yang tertarik, bisa memilikinya dengan menebusnya dengan membayar $224 USD atau Rp 3,2 juta melalui halaman crowdfunding Indiegogo.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar