11 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Jember Pasang 216 CCTV, Pantau Kondisi Lalin dan Titik Rawan Kejahatan

Peresmian Command Centre Polres Jember

Polres Jember dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, berkolaborasi memasang ratusan CCTV. Hal tersebut dilakukan untuk memantau lalu lintas agar terhidar dari kemacetan, sekaligus menekan tindak kejahatan. Total CCTV yang sudah dipasang berjumlah 216 buah yang tersebar di beberapa titik jalan.

Pemantauan CCTV tersebut dilakukan dari ruangan Command Centre (pusat komando) yang baru saja diresmikan oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Bupati Jember dr Faida, Kepala Kejaksaan Negeri Jember dan Dandim 0824 Jember. Nantinya Command Centre tersebut tetap di bawah kendali Polres Jember.

Kusworo mengatakan setiap ada kemacetan, petugas bisa langsung datang ke lokasi.  "Jadi jika ada tanda-tanda mau macet, anggota kita bisa turun langsung ke lokasi, sebelum macet itu parah. Selain itu, kita tempatkan anggota kita di ruang Command Centre selama 24 jam bergantian untuk melakukan pemantauan," kata Kusworo.

Dia juga menjelaskan, CCTV itu nantinya akan dipasang di sejumlah titik. Di antaranya pasar, stasiun, terminal, serta sejumlah titik rawan lainnya. Sehingga jika ada aksi kriminalitas, wajah pelaku dapat terekam CCTV.

"Dengan begitu kita bisa cepat melakukan langkah awal penyelidikan. Tentunya, hasil rekaman itu akan sangat membantu kita untuk mengungkap identitas pelakunya," papar Kusworo.

Fungsi lain dari CCTV, lanjut Kusworo, bisa digunakan untuk merekam pelaku aksi anarkis. Seperti ada aksi demonstrasi. "Kalau ada aksi anarkis atau pihak-pihak yang menunggangi, itu akan mempermudah langkah-langkah hukum kita berkat adanya CCTV itu," ungkapnya.

"Terakhir, adanya pemasangan CCTV itu nantinya diharapkan mampu menurunkan niat pelaku yang ingin berbuat kriminalitas maupun aksi pelanggaran hukum lainnya. Mereka kan akan mikir dua kali melakukan aksinya karena kamera CCTV sudah kita pasang di mana-mana," pungkas Kusworo.

Sementara Bupati Jember dr Faida, mengaku kerjasama pembangunan CCTV itu merupakan salah satu langkah percepatan pembangunan Kabupaten Jember. "Salah satu faktor percepatan pembangunan itu adalah sinergitas. Yang menyiapkan master plannnya Polres Jember. Sementara Dishub nanti bagaimana disinergikan dengan transportasi," papar Faida.

Saat ini, sudah ada 50 CCTV yang terpasang di beberapa titik di Jember. Tahun depan, kata Faida, akan ditingkatkan menjadi 216 CCTV. "Mudah-mudahan bermanfaat. Dapat meningkatkan Kamtibmas, dan dapat meningkatkan kelancaran, keselamatan dan ketertiban berlalulintas di Kabupaten Jember," tegas Faida.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar