17 Desember 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Awal Tahun, Command Centre Bontang Efektif Beroperasi

Command Centre Bontang

Sejak diresmikan pada bulan November lalu, pembenahan Bontang Command Centre terus dikebut oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang Kalimantan Timur.

Demikian yang diinformasikan oleh Kepala Seksi Aplikasi Teknologi Informasi dan Persandian, Wahyu Hermawan. Dia membeberkan, pusat kendali yang bertempat di lantai II Auditorium 3D, komple eks Kantor Walikota Bontang ini akan beroperasi efektif pada Januari 2018.

Lebih lanjut dijelaskannya, sebanyak 8 kamera pengawas (CCTV) juga telah disiapkan untuk mendukung pemantauan wilayah. Ada pun titik-titik pemasangannya sebagai berikut, di Taman Adipura Bontang Kelurahan Bontang Kuala, di halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di parkiran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) atau area Auditorium 3 Dimensi, di halaman depan rumah jabatan Walikota dan di area Pelabuhan Lok Tuan.

Saat ini, sambungnya, sedang dikerjakan pemasangan CCTV di depan Klinik Pegawai. Selanjutnya, pemasangan CCTV akan berlanjut di depan Gapura Bontang Kuala. Setiap lokasi hanya ada satu unit CCTV yang terpasang. Beberapa CCTV menggunakan kabel untuk menghubungkan ke server.

Namun, ada pula yang mengandalkan jaringan wireless atau nirkabel sebagai sarana transfer informasi. CCTV tersebut dilengkapi sensor gerak. Sehingga, hanya ketika ada pergerakan yang ditangkap kamera lah system record mulai berjalan kemudian mengirimkan ke server. Kapasitas server berkisar 4 terabyte serta mampu menyimpan video dalam kurun waktu satu bulan.

Tak lupa juga turut disiapkan aplikasi tambahan yakni Intelegent Transportasi System. Nantinya melalui enam layar LED 48 inci, Pemkot Bontang bisa melakukan pemantauan dan pengawasan yang menyeluruh. "Untuk sementara, petugas jaga Command Centre belum aktif lantaran perlunya tambahan perangkat sebagai penyempurnaan. Rencananya, per Januari 2018 akan dijadwalkan petugas piketnya," jelasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar