18 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

2020, Jumlah CCTV di Tiongkok Diperkirakan Tembus 400 Juta

Ilustrasi

Sistem pengawasan melalui CCTV nampaknya menjadi perhatian serius bagi pemerintah Tiongkok. Pasalnya, dalam beberapa tahun kedepan, Tiongkok akan memasang ratusan juta unit CCTV untuk mengawasi kondisi keamanan di kota-kota besarnya.

Saat ini, Tiongkok memang memiliki sistem pemantauan terbesar di dunia. Ada sekitar 170 juta kamera CCTV di seluruh negeri Tirai Bambu. Namun jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah tiga kali lipat, yaitu 400 juta unit lagi dipasang pada tahun 2020.

Tak hanya dari segi kuantitas, kecanggihan sistem pemantau di Tiongkok juga terbilang di atas rata-rata. Baru-baru ini, seorang wartawan BBC, John Sudworth melakukan pengujian pengenal wajah. Hasilnya, hanya dalam waktu tujuh menit, pihak berwajib sudah dapat mengetahui keberadaan John, berkat sistem pengenalan wajah yang akurat.

Sudworth melakukan hal ini untuk menggambarkan seberapa kuat dan efektifnya sistem pengawasan pemerintah Tiongkok. Ini adalah contoh nyata dari jenis pemantauan yang telah diinvestasikan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir dengan tujuan membantu polisi melakukan tugas mereka agar lebih efisien.

Penggunaan CCTV dalam jumlah banyak juga dilakukan perusahaan-perusahaan swasta. Misalnya untuk memantau pekerja dan proses produksi di pabrik. Namun Pemerintah Tiongkok juga mendapat kritikan mengenai adanya potensi penyalahgunaan CCTV di tangan negara.

Dalam menggunakan CCTV, Pemerintah Tiongkok bekerja sama dengan perusahaan pengenal wajah dan AI, seperti unicorn Face ++. Mereka dapat memberikan informasi seperti wajah, usia, dan dan identitas lainnya yang berguna untuk kepentingan penyelidikan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar