19 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Sering Jadi Transit Narkoba, BP Batam Siapkan CCTV Canggih

Ilustrasi

Seringnya Batam sebagai lokasi transit peredaran narkoba dari Malaysia yang terjadi akhir-akhir ini, membuat Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) melakukan tindakan preventif dengan memperketat pengawasan.

Seperti dijelaskan oleh Deputi V Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto, pihaknya akan memasang kamera CCTV berkualitas canggih di bandara dan pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyeludupan narkoba. “Kami sudah mendengar dan mengetahui 4 kali penangkapan narkoba di Bandara,” ujarnya.

Ia mengaku akan segera berkordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi dan Polda Kepri. Pengadaan CCTV ini nantinya bakal dipasang di titik pintu masuk Batam seperti Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batamcentre dan Sekupang. “Itu akan kita ajukan ke BNN atau Polda. Kalau tidak ada, kami akan ajukan ke Pusat,” kata Bambang.

Dia mengakui, perangkat CCTV canggih tersebut sangat penting diadakan di daerah perbatasan dengan negara tetangga. Sehingga bisa mendeteksi secara dini seluruh barang yang dikenakan manusia, dalam mengantisipasi masuknya narkoba ke Indonesia.

“Narkoba sudah menjadi musuh secara nasional. Kami akan perketat itu dengan berkomunikasi dengan Polda dan BBN,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar