23 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Hati-hati! Berkendara Sambil Main HP Bisa Ditangkap CCTV di Malaysia

Ilustrasi

Menyetir sambil bermain handphone masih sering dilakukan oleh pengendara di berbagai belahan dunia. Mereka seolah mengabaikan keselamatan hanya untuk sekadar membalas pesan atau justru bermain game saja. 

Beberapa negara pun cukup ketat agar pengendara yang bandel ini jera misalnya dengan memasang kamera CCTV di titik-titik jalan tertentu untuk bisa menangkap para pelanggar itu. 

Di Malaysia misalnya sudah mulai menerapkan hal itu dengan menggunakan dua tipe kamera berbeda yakni statis dan dinamis. Mereka yang tertangkap kamera sedang bermain handphone itu bakalan didenda 300 RM atau setara dengan Rp 980 ribuan.

“Kami melarang setiap pengendara yang menggunakan handphone-nya saat sedang berkendara. Kami sudah memberikan pemberitahuan akan hal itu namun masih banyak yang mengabaikannya. Ketika sedang menyetir fokus itu ke jalan bukan ke handphone," ungkap Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai dilansir Paultan. 

Liow menambahkan, menggunakan GPS seperti Waze diperbolehkan. Namun handphone harus diletakkan di penyangga ponsel. 

"Angka kecelakaan masih sangat tinggi. Dari Januari hingga September tahun ini sudah terjadi 5.310 kejadian fatal. Kami ingin menguranginya sebesar 10 persen setiap tahunnya dan itu cukup menantang. Jika tak ada pengendara yang melanggar jalanan lebih aman untuk semua penggunanya," jelas Liow. 

Di Indonesia sendiri, penerapan tilang CCTV masih dalam tahap uji coba khususnya di ibukota Jakarta. Yang sudah mulai mempraktikannya adalah di Surabaya. Program tilang CCTV di Surabaya diklaim mengurangi pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar