25 Desember 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Dari Command Center Ini, Warga Bisa Pantau Kinerja Pemkab Kudus

Peresmian Command Center Kudus

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kini memiliki pusat data dan informasi yang dinamakan Command Center. Ruangan ini terletak di sebelah barat dari Pendopo Kabupaten Kudus, baru saja diresmikan oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Adi Suryanto, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, serta Bupati Kudus Musthofa, Kamis (21/12/2017).

Kholid Seif, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus mengatakan, Command Center merupakan upaya mewijidkan Kudus sebagai smart city. Adanya fasilitas tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

Command Center ini, lanjut dia, juga terkoneksi dengan aplikasi Menara (Menjaga Amanah Rakyat). Bahkan dalam praktiknya nanti, Comman Center akan bisa mengakses data dan kinerja pada masing-masing kinerja organisas perangkat daerah (OPD).

"Semua pelayanan atau keluhan masyarakat Pemkab Kudus berkomitmen untuk ditangani dengan baik," kata Kholid. Bahkan, ungkapnya, program inovasi dari sejumlah OPD di Kudus juga bisa dipantau, termasuk program layanan medis darurat (K-119).

Tak hanya itu, di Command Center juga sudah tersedia tampilan dari rekaman kamera CCTV yang dapat memantau seluruh sudut wilayah Kota Kudus. Pada fasilitas tersebut produk UMKM warga Kudus juga akan dikenalkan.

“Dalam waktu dekat akan disediakan petugas khusus. Ketika ada tamu dari luar daerah juga bisa diajak ke pusat data dan informasi tersebut untuk melihat potensi Kabupaten Kudus,” katanya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar