09 Januari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Puluhan CCTV Segera Pantau Pekalongan Dari Tindak Kejahatan

Ilustrasi

Guna menekan niat buruk pelaku kejahatan yang makin meresahkan warga, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan baru-baru ini mengeluarkan wacana untuk memasang 32 unit CCTV. Rencananya seluruh CCTV tersebut akan tersebar di beberapa titik.

Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santosa mengatakan ada 90 CCTV yang selama ini berfungsi untuk meminitor langsung secara streaming dan realtime. "Selama ini ada 90 CCTV dan awal tahun 2018 kami berencana menambah 32 titik lagi," ujarnya.

Ia menambahkan selama ini, CCTV yang ada belum seluruhnya bisa digunakan untuk merekam, dan sebagian kemampuan rekam CCTV juga belum standar. "Sudah hampir setengah tahun fungsi recording tidak jalan, namun pada 2018 sudah dianggarkan pembelian alat perekam," paparnya.

Adapun dua unit Network Video Recording (NVR) dengan kapasitas perunitnya 16 kamera CCTV dan dua hardisk berkapasitas 4 TB akan dipesan pihak Pemkot. "Dengan demikian setelah pembelian alat ini, pada tahun 2018 sudah akan dapat dilakukan perekaman terhadap 32 titik, dan kapsitas penyimpanan 8 tera agar lebih maksimal," imbuhnya.

Diterangkan lagi olehnya, jumlah CCTV yang jaringanya masuk ke data centre Diskominfo sekitar 60 dikarenakan beberapa CCTV masuk ke data centre Dishub.

"60 CCTV tersebut termasuk kelurahan, kecamatan dan beberapa titik lainya, untuk pembelian alat rekam dan alat pendukung secara umum sekitar Rp 11 juta, dengan rincian pembelian NVR 2 buah yang tiap unitnya mamiliki 16 Chanel, dan Hardisk Penyimpanan 2 unit Rp 5 juta," tandasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar