12 Januari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Agar Terbaca CCTV, Polri Bakal Ubah Warna Nopol Kendaraan

Ilustrasi

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) sudah mengumumkan akan mengganti warna pelat nomor kendaraan bermotor alias nomor polisi (nopol). Tujuan utamanya adalah agar pelat nopol mudah terbaca oleh kamera CCTV. Selain itu, upaya tersebut dilakukan demi mengawasi perilaku berlalu lintas.

Korlantas Polri menilai, warna dasar hitam seperti yang ada sekarang ini dinilai sulit terbaca oleh kamera pemantau. Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, pengubahan warna pelat nopol kendaraan belum akan dilakukan pada tahun ini, melainkan pada 2019, dan akan dilakukan secara bertahap.

"Tahun ini kita ubah dulu regulasi dan aturannya," ucap Royke. Selain hitam, dirinya belum mau membocorkan warna dasar apa yang akan dipakai nanti. Menurut mantan Kapolda Papua Barat itu, warna tersebut masih didiskusikan bersama pihak terkait.

Sebelumnya, Royke pernah menjelaskan bahwa perubahan ini untuk mendukung penegakan electronic law enforcement (e-law). Tahap awal, diberlakukan pada kendaraan yang habis masa berlaku STNK (5-tahunan).

Sekarang ini, warna pelat nopol yang berlaku di Indonesia ada berbagai jenis. Hitam untuk kendaraan pribadi, kuning angkutan umum, dan merah untuk mobil atau motor dinas milik pemerintah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar