12 Januari 2018 | Denny - Redaksi | CCTV

Kodam III Siliwangi Pasang 600 CCTV Intai Pembuang Sampah di Sungai Citarum

Ilustrasi

Kodam III Siliwangi akan memasang 600 kamera CCTV di berbagai titik. Upaya ini dilakukan untuk melindungi Sungai Citarum dari pembuang sampah sembarangan. Titik pemasangan CCTV itu ditentukan berdasarkan titik kerawanan pembuangan sampah dan pembuangan limbah di Sungai Citarum.

"600 CCTV tersebut akan dikontrol dari posko Makodam III Siliwangi. Jadi setiap warga atau pihak manapun yang membuang sampah atau limbah, akan terdeteksi secara cepat," kata Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (12/1/2018).

Doni menjelaskan, nantinya semua pihak bisa mengakses dan memantau perkembangan pelestarian Sungai Citarum melalui kamera CCTV tersebut. Doni mengatakan, akses pemantauan tersebu dibuka selama 24 jam.

"Bagi masyarakat, khususnya jurnalis bisa mengakses perkembangannya di ruang kontrol yang akan didirikan di Makodam. Lokasi yang dipasang CCTV akan dilengkapi juga lampu penerangan," ucap Doni. Pangdam III Siliwangi ini juga menyampaikan, pelestarian Sungai Citarum membutuhkan teknologi canggih dan tepat guna.

Sementara itu, Kapendam III Siliwangi Kolonel Arh MD Ariyanto menegaskan jika ada pihak yang ketahuan membuang sampah dan limbah ke Sungai Citarum, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku oleh pihak Kepolisian.

"Selain sanksi hukum, juga akan diberlakukan sanksi sosial. Foto wajah yang membuang sampah dan pabrik yang membuang limbah, akan disebarkan di media sosial dan media mainstream," kata Kolonel Arh MD Ariyanto.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar